Categories Besi

Pipa Besi Schedule 40 dan Tipenya

Schedule yang menjadi salah satu istilah pada pipa sendiri akan berdasar pada ketebalan dinding pipa yang akan digunakan dalam dunia dan bidang industri. Schedule ini sendiri akan bergantung pada tebal dinding pipa dan juga akan berpengaruh pada daya tahan, kekuatan dan juga fungsi dari perpipaan. Sedangkan untuk salah satu jenis pipanya adalah pipa besi sch 40.

Mengenal Apa Itu Pepi Besi Schedule?

Jenis pipa ada sangat banyak pilihannya. Sedangkan untuk pipa sch 40 atau schedule 40 adalah pipa yang cukup sering digunakan. Sedangkan untuk schedule 40 juga memiliki ketebalan dinding yang sangat besar dibandingkan dengan schedule 10 pastinya. Untuk jenis pipa ini sendiri adalah jenis yang biasanya digunakan untuk mengalirkan air, gas dan juga minya. Pipa ini memiliki keseimbangan yang sangat baik bahkan kuat dan fleksibel. 

Untuk masing-masing schedule juga memiliki berbagai ketebalan dinding yang berbeda dan juga pemilihan schedule yang sangat tepat. Penggunaan ini biasanya digunakan sebagai sebuah cara standar untuk mengklasifikasikan pipa yang akan digunakan pada berbagai proyek konstruksi. Pada umumnya, jenis pipa schedule memiliki ketebalan dinding yang jauhg lebih besar sehingga juga bisa menanggung tekanan beban yang cukup besar. 

Apa Sajakah Tipe Pipa Besi Schedule 40?

Untuk pipa besi schedule 40 memiliki beberapa jenisnya yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Tipe 304

Untuk jenis pipa sch 40 pertama adalah tipe 304. Untuk jenis tipe ini biasanya digunakan untuk kebutuhan industri. Selain itu, jenis pipa ini juga memiliki Batasan ketahanan sampai dengan 800 derajat sampai dengan 1600 Fahrenheit.

  • Tipe 316

Jenis pipa yang kedua adalah tipe 316. Jenis pipa ini, meskipun tampilan fisiknya sama dengan tipe 304, akan tetapi pipa seamless sch 40 dengan tipe ini juga memiliki kandungan yang berbeda. Sedangkan untuk kandungannya yaitu 16% kromium, 10% nikel dan juga adanya tambahan 2% molybdenum untuk bisa membuat pipa bisa tahan akan karat. 

Untuk kelebihan dari pipa sch 40 ini tidak adanya proses pengelasan. Untuk pipa sch 40 juga memiliki ketahanan karat yang sangat kuat apalagi dengan adanya bahan dasar pembuatan pipa terbaik. Pipa ini bentuknya silinder secara sempurna karena pembuatan pipa ini tidak dilakukan testing atau uji coba. 

Untuk harga pipa ini sendiri dijual dengan berbagai harga yang bervariasi. Untuk perbedaan harganya nanti akan ditentukan dari jenis dan merk yang akan dipilih. Selain itu, untuk ukuran panjangnya juga akan ditentukan berdasarkan diameter inci bergantung pada bahan carbon steel dan juga bahan dari stainless steel. 

Anda bisa menemukan perbandingan harga pipa besi schedule 40 ini mulai dari 300 ribu sampai dengan 26 juta. Anda bisa membelinya dengan mudah di toko online maupun di toko offline. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *