Categories Vacuum Pack Machine

Mengenal Vacuum Pack Machine Dan Manfaatnya

Alat vacuum pack machine merupakan alat yang dibutuhkan dalam teknik penyimpanan makanan dengan cara divakum. Untuk lebih mengenal soal mesin vacuum packing makanan, Anda bisa simak dulu rangkuman penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca!

Apa Itu Teknik Vacuum Packing Makanan?

Vacuum packing merupakan teknik pengawetan makanan di mana udara dibuang dari dalam kemasan sebelum kemasan disegel bersama dengan produk di dalamnya. Kemasan yang digunakan merupakan kemasan dengan material yang sulit ditembus udara, dan biasanya menggunakan plastik dengan ketebalan tertentu.

Dalam prosesnya, alat vacuum packing akan menarik udara keluar dari dalam kemasan sehingga kemasan tersebut akan bersentuhan langsung dengan produk makanan yang disimpan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan pembentukan kantong udara yang terbentuk antara permukaan makanan dan kemasan.

Oleh karena itu, vacuum pack machine sangat membantu dalam mengawetkan makanan bahkan tanpa menggunakan bahan pengawet makanan sama sekali. Dengan begitu, kondisi dan kualitas bahan makanan terus terjaga selama penyimpanan.

Manfaat Vacuum Packing Makanan

Tentu saja, manfaat dari teknik vacuum packing makanan adalah untuk menjaga kualitas makanan lebih lama. Jadi, Anda juga bisa menyimpan makanan lebih lama juga.

Akan tetapi, bukan itu saja manfaat dari teknik vacuum packing makanan. Karena masih ada sejumlah manfaat lain yang dapat Anda nikmati, seperti:

  • Mengeliminasi oksidasi yang bisa merusak kualitas makanan dari segi warna, bau, dan bentuk karena terjadi kontak antara makanan dengan oksigen.
  • Menjaga kadar kelembaban alami makanan sehingga risiko makanan menjadi kering pun bisa diminimalisir.
  • Menjaga kualitas rasa dan kandungan minyak alami pada makanan yang cenderung mudah hilang, terutama tanpa langkah penyimpanan yang tepat. Manfaat ini terutama penting jika Anda ingin menyimpan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon.
  • Mencegah terbentuknya freezer burn, atau pembekuan bahan makanan yang disimpan di dalam freezer tanpa persiapan lebih dulu. Freezer burn bisa diidentifikasi dari permukaan yang terlihat kering dan kurang air (dehidrasi).
  • Menjaga struktur makanan, sehingga rasanya tetap seenak seperti ketika makanan disantap langsung saat masih benar-benar segar.

Itu dia rangkuman penjelasan mengenai vacuum pack machine dalam teknik penyimpanan makanan vakum dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *