Categories Genteng Rumah

Yuk Kenali Jenis-jenis Genteng Ringan dan Kuat yang Cocok untuk Atap Hunian

Seperti yang kita tahu bahwa jenis-jenis genteng ringan dan kuat memang cukup banyak dipasaran. Mulai dari atap metal, polycarbonate, spandek, asbes, genteng aspal, dan juga genteng tanah liat. Di mana jenis-jenis genteng tersebut mempunyai karakteristik yang setara jika bersanding dengan baja ringan. Karena saat ini, struktur rangka atap seringkali menggunakan baja ringan dan pemilihan gentengnya juga harus disesuaikan agar tetap kuat.

Berikut ini adalah beberapa jenis genteng ringan dan kuat yang cocok dijadikan sebagai atap rumah, antara lain:

  1. Genteng Baja Ringan Spandek

Jenis genteng ringan dan kuat yang pertama adalah baja ringan spandek yang mempunyai daya serap panas cukup tinggi. Sehingga membuat jenis genteng ini mampu menahan hawa panas agar tidak masuk ke dalam ruangan rumah. Material spandek sendiri cukup kuat, jadi jenis atap ini tidak mudah pecah seperti halnya genteng dari tanah liat. Kemudian untuk segi harganya, genteng baja ringan spandek tergolong murah lho.

  1. Genteng Metal

Genteng metal biasanya mempunyai bobot yang cukup ringan sehingga nantinya tidak akan membebani struktur atap. Tak hanya itu saja, jenis genteng yang satu ini juga mempunyai daya tahan yang lebih baik terhadap karat. Tentunya, hal tersebut akan membuatnya cukup direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang. 

Kemudian, genteng ringan dan kuat jenis ini juga dibuat dengan menggunakan teknologi canggih. Sehingga membuatnya tidak mudah terbakar. Selain itu, jenis genteng ini juga dapat memberikan sirkulasi udara yang baik, jadi ruangan dalam rumah akan terasa lebih sejuk.

  1. Genteng Tanah Liat

Jenis genteng yang satu ini menjadi salah satu material yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ini juga menjadi jenis genteng ringan dan kuat yang cocok digunakan untuk struktur atap baja ringan. Walaupun demikian, di beberapa kondisi jenis genteng ini tidak cocok dipadukan dengan rangka baja ringan.

Akan tetapi, jika Anda sudah memahami penempatan yang pas, maka bisa menghasilkan rangka atap yang baik. Jadi, lebih baik gunakan jasa profesional untuk kebutuhan satu ini.

Itulah beberapa jenis genteng ringan dan kuat yang dapat Anda gunakan pada atap baja ringan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *