Categories Dokter Gigi

Tips Sebelum Memasang Gigi Palsu Permanen

Gigi palsu permanen bisa digunakan sebagai pengganti gigi asli yang lepas yang diakibatkan beberapa hal. Pemasangan gigi palsu bisa dilakukan di dokter gigi dengan memperhatikan beberapa hal dan pertimbangan. Hal ini berguna untuk membuat Anda mengetahui beberapa faktor resiko dan manfaat apa saja yang didapatkan saat pemasangan gigi palsu tersebut. 

  1. Pilihlah Gigi Palsu Permanen Berkualitas

Pemasangan gigi palsu disediakan di beberapa rumah sakit dan dokter gigi. Bahkan hampir semua layanan gigi menawarkan pemasangan gigi palsu dengan variasi biaya. Pemilihan pemasangan gigi palsu bisa berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk gigi itu sendiri. Pemasangan gigi ini dilayani di dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis prostodonsia. Tentu saja, Anda bisa memilih tempat pemasangan yang tepat. Anda bisa memilih jenis mahkota gigi, jembatan gigi, atau dental implan untuk jenis gigi palsu tersebut. 

  1. Memeriksa Ketahanan Gigi Palsu Permanen 

Gigi palsu permanen memiliki ketahanan dan keawetan yang cukup baik. Gigi ini bisa awet bertahun-tahun. Bila Anda tertarik seberapa kuat gigi palsu ini, sebenarnya kekuatan gigi ini tergantung dari proses perawatannya. Semakin sering melakukan perawatan gigi palsu rutin, maka semakin gigi akan semakin awet. Pemeriksaan gigi ini biasanya dilakukan secara menyeluruh untuk melihat posisi dan kebersihan gigi palsu tersebut. Anda juga bisa mengecek kualitas gigi palsu itu dengan menanyakan langsung kepada dokter dan mencari testimoni serta review. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan gigi palsu berkualitas. 

  1. Mempertimbangkan Biaya Pemasangan 

Langkah terakhir yang harus dilakukan sebelum melakukan pemasangan gigi palsu adalah dengan mempertimbangkan biaya pemasangan gigi palsu itu sendiri. Gigi palsu terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang sama. Perbedaannya adalah bahan dan cara membuatnya sehingga harganya berbeda-beda. Gigi palsu dengan detail minim menawarkan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan gigi palsu implan hibrida. Pemasangan gigi palsu permanen ini relatif mahal. Anda harus menyediakan uang lebih untuk proses pemasangannya yang mencapai jutaan rupiah. Tetapi, hal ini sebanding dengan manfaat dan fungsi yang didapatkan saat Anda sudah memasang gigi palsu ini. 

Cara Merawat Gigi Palsu Permanen Secara Baik dan Benar

Setelah Anda sudah melakukan pemasangan gigi palsu permanen, saatnya Anda melakukan proses perawatan. Proses ini bisa dilakukan siapapun dan di rumah. Anda harus membersihkan gigi palsu dari sisa makanan untuk menghindari bakteri yang menyebabkan gigi palsu rusak dan bolong. Anda hanya perlu menyikatnya secara rutin dengan sikat gigi khusus dengan bulu halus. Gigi palsu permanen ini bisa dirawat dengan benar agar tak menimbulkan bau. Anda bisa membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola makan. Pilihlah makanan berserat tinggi dan hindari makanan bertekstur keras. Anda juga bisa mengunjungi dokter secara rutin agar kondisi gigi palsu permanen tetap baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *