Categories Kuliah online

Simak Materi Pokok Mata Kuliah Data Science yang Wajib Anda Kuasai

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa mata kuliah data science begitu diminati oleh para calon mahasiswa. Apabila Anda tertarik untuk mengambil jurusan kuliah tersebut, maka sebaiknya penting untuk tahu apa saja materi pokok yang harus dipelajari di dalamnya. Terkait materi pokok data science, bisa Anda simak di ulasan berikut.

Macam – macam materi pokok data science 

Sebelum Anda mengetahui tentang materi pokok yang perlu dipelajari di dalamnya, ada baiknya untuk tahu mengenai apa itu data science terlebih dahulu. Dalam hal ini dikatakan, bahwa data science merupakan sebuah ilmu yang mempelajari data dengan cara mengolah, menginterpretasi, menganalisis menggunakan formula statistika dan pemrograman komputer. Di dalam jurusan ini, Anda nantinya akan mempelajari beberapa materi pokok tertentu di antaranya sebagai berikut. 

  1. Bahasa pemrograman Python

Salah satu materi pokok yang akan dipelajari dalam data science, yaitu ada yang namanya bahasa pemrograman Python. Pada dasarnya, Python sendiri tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lain, hanya saja cara penulisan syntax-nya terbilang sedikit berbeda. Apabila dilihat dari tingkat kesulitan yang dimiliki, Python sendiri termasuk bahasa pemrograman yang dikategorikan sebagai high level programming language. 

Hal tersebut mengarikan, bahwa Python merupakan bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. Sehingga dalam hal ini dikatakan, bahwa Python sangat cocok bagi para pemula yang belum terbiasa dengan dunia programming.

  1. Machine Learning

Berikutnya, Anda juga akan mempelajari yang namanya machine learning dalam mata kuliah data science. Dimana, materi pokok tersebut umumnya sangat membantu bagi seseorang dalam memecahkan suatu masalah dengan menggabungkan perhitungan matematika dan statistika secara terkomputerisasi. Di dalamnya, nanti akan ada sejumlah algoritma yang berperan sebagai jembatan antara bahasa manusia dengan mesin.

Adapun dalam hal ini, terdapat beberapa jenis algoritma dalam machine learning seperti supervised learning, unsupervised learning dan reinforcement learning. Anda dapat mempelajarinya dengan memahami dasar – dasarnya terlebih dahulu. Sehingga, nantinya akan lebih paham dengan materi pokok machine learning satu ini. 

  1. Data Visualization

Dan tidak kalah penting, ada juga materi seputar data visualization yang mana tugasnya tidak hanya mengolah data menjadi informasi saja, namun juga bertanggung jawab mengemas informasi ke dalam bentuk visual. Dengan pengemasan informasi ini, maka akan memudahkan audiens untuk memahami data yang disajikan. Bahkan, ini juga akan menjadikan hasil olahan data lebih mudah dipahami.

Untuk mempelajari data visualization ini, Anda bisa memulainya dengan bahasa pemrograman Python. Ini dikarenakan, Python merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer dengan data science dan terbilang mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. 

Demikianlah tadi beberapa materi pokok yang umumnya dipelajari oleh para mahasiswa yang nantinya akan mengambil mata kuliah data science.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *