Categories Genset

Mengenal Lebih dalam Cara Kerja Yanmar Genset dan Fungsinya

Yanmar genset atau bisa disebut juga generator set adalah alat yang bisa menghasilkan energi listrik. Listrik yang dihasilkan berasal dari generator yang digerakkan menggunakan sebuah mesin dengan memakai bahan bakar gas, bensin maupun diesel. Pada genset yanmar memiliki dua bagian utama, yaitu mesin penggerak dan generator. 

Pengertian Genset

Genset merupakan alat yang dapat menghasilkan energi listrik dan gabungan alternator serta generator dimana akan dikombinasikan bersamaan dengan sebuah alat agar bisa membangkitkan energi listriknya. 

Fungsi Utama dari Yanmar Genset Indonesia

Pastinya sudah banyak orang tahu bahwa yanmar genset adalah alat yang dapat membantu untuk membangkitkan listrik ketika ada sebuah pemadaman. Walaupun fungsi utamanya bukan hanya membantu memberikan penerangan tetapi sebenarnya ada banyak sekali hal lain yang memerlukan tenaga dari genset. 

Contohnya, bila ada pengerjaan outdoor yang memang jauh dari aliran listrik. Inilah yang membuat genset banyak dikenal orang sebagai salah satu tenaga listrik andalan hanya bermodalkan solar maupun bensin. Adanya genset tersebut tidak akan mengganggu aktivitas di berbagai perusahaan besar, mall, supermarket, pabrik dan lainnya saat terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. 

Genset juga menjadi alat yang banyak dibutuhkan oleh industri-industri besar dan juga berbagai kalangan bahkan dapat digunakan perorangan untuk berbagai macam kebutuhan yang memerlukan daya listrik besar maupun kecil. 

Cara Kerja Genset 

Supaya yanmar genset dapat bergerak dan bisa menghasilkan daya listrik maka diperlukan bahan bakar solar atau bensin sedang generator merupakan sebuah gulungan kawat terbuat dari material tembaga yang disusun mulai dari kumparan statis serta disertai kumparan yang berputar. 

Proses kinerja menggunakan ilmu fisika, dimana mesin akan memutar rotar di generator sehingga dapat menimbulkan medan magnet pada bagian kumparan. Medan magnet akan berinteraksi dengan rotar yang berikutnya berputar sehingga menghasilkan arus listrik sesuai hukum Lorentz. 

Pentingnya genset inilah yang membuatnya banyak dikenal oleh masyarakat. Apalagi seperti sekarang ini lebih dimanfaatkan untuk membantu mereka mengembangkan usaha yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *