Categories Genteng Rumah

4 Keunggulan Genteng Metal Minimalis Beserta Tips Memilihnya!

Genteng metal minimalis adalah jenis material atap bangunan yang terbuat dari logam atau metal. Sesuai fungsinya sebagai penutup rumah, genteng memiliki peran penting dalam sebuah bangunan, terutama rumah, yakni untuk melindungi seisi rumah dari segala kondisi cuaca. Dengan begitu anda sekeluarga bisa merasa aman didalamnya.  

Keunggulan Genteng Metal Minimalis

Genteng metal yang dijual dipasaran tersedia dalam bentuk susunan vertikal dengan banyak pilihan desain, warna, tekstur dan ukuran genteng metal minimalis. Lalu, apa saja kelebihan genteng metal dibanding genteng lainnya? berikut pembahasannya untuk anda:

  1. Pemasangan genteng metal mudah dan cepat

Jenis genteng ini memang dirancang sedemikian rupa oleh produsen atau pabrik baja ringan sehingga membuatnya mudah dipasang dan hanya membutuhkan waktu yang singkat dalam proses pengerjaannya. Pemasangan genteng metal dilakukan dengan membentangkannya secara teratur, kemudian menancapkan beberapa sekrup sebagai penahan genteng. 

  1. Memiliki bobot ringan

Karena berbentuk lembaran-lembaran tipis secara tidak langsung membuat berat genteng metal menjadi lebih ringan dan tidak akan membahayakan. Genteng metal ini disarankan digunakan untuk atap bangunan di daerah yang rawan gempa. 

  1. Tahan terhadap segala kondisi cuaca

Meskipun memiliki bobot yang ringan, genteng metal mampu bertahan dan tetap kokoh dalam kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Bahkan, genteng ini juga dipercaya memiliki kemampuan cukup baik dalam menahan terpaan angin kencang dan goncangan gempa.

  1. Tahan api dan korosi

Karena bahan material yang dimilikinya, genteng ini tidak akan mudah terbakar dan juga tahan api karena tidak mempunyai sifat menghantarkan api. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, genteng metal minimalis tahan terhadap cuaca ekstrem sehingga membuatnya tidak mudah korosi.

Tips Memilih Genteng Metal Minimalis

Setelah mengetahui keunggulan genteng metal, tentu anda sudah tidak merasa ragu untuk mengaplikasikannya pada hunian. Namun, memilih genteng tidak boleh sembarangan, anda harus benar-benar memahami spesifikasi dan kualitas genteng. Nah, untuk memudahkan anda dalam memilih genteng metal, simak tipsnya dibawah ini:

  1. Pilih genteng yang sudah berstandar SNI

SNI adalah standar yang sudah ditetapkan pemerintah Indonesia. Apabila suatu barang sudah berstandar SNI berarti sudah layak untuk digunakan.  Oleh karena itu, saat membangun rumah anda harus memastikan genteng yang digunakan telah berstandar SNI. Ini semata-mata untuk memunculkan rasa aman bagi penghuni rumah.

  1. Pilih genteng berdasarkan material dan ketebalan

Penting juga bagi anda untuk mengetahui material yang digunakan. Mengapa? ini mengingat Indonesia memiliki iklim yang tidak pasti. Kadang panas yang tinggi, atau tiba-tiba turun hujan. 

Perlu anda tahu, perubahan iklim akan memengaruhi ketahanan genteng. Jadi, pilihlah genteng metal minimalis lapisan anti karat. Sebab, lapisan inilah yang akan melindungi genteng dari efek perubahan cuaca ekstrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *