Categories Besi

Apa Fungsi Dari Besi Pipa Kotak Pada Konstruksi Bangunan?

Besi pipa kotak ini mempunyai banyak sekali kegunaan, biasanya besi ini digunakan untuk mengalirkan air. Sebelum membeli, perlu diperhatikan memilih tempat jual pipa kotak. Saat ini besi pipa tidak hanya digunakan untuk itu saja. Pipa besi kotak ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai konstruksi bangunan mulai dari rangka plafon hingga pagar rumah. Pipa besi ini juga menjadi salah satu pilihan yang tepat karena bersifat tahan lama. Sekarang ini juga sudah banyak sekali jenis pipa besi dengan berbagai ukuran dan harganya.

Fungsi besi pipa kotak untuk konstruksi bangunan

  1. Pipa ductile, pipa ini juga biasanya digunakan untuk infrastruktur penyuplai air. Karakteristik dari pipa ductile ini juga cukup baik, yaitu mempunyai bahan yang kuat, berdaya tahan tinggi dan tidak berkarat. Pipa ini juga dinilai tahan dengan gempa. Misalnya ketika terkena tekanan atau terjadi gempa, sambungan ini biasanya tidak akan patah tetapi dapat memanjang dan melengkung.
  2. Pipa hollow, jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan rumah atau pagar rumah. Tetapi sebagian masyarakat lebih senang memanfaatkan pipa ini untuk kanopi rumah atau rangka plafon. Jika dibandingkan dengan kerangka kayu, maka penggunaan pipa hollow ini dapat dijadikan sebagai rangka plafon tertentu dan memiliki lebih banyak keuntungan. Pipa jenis ini cenderung mudah dipasang, jika Anda ingin memiliki besi pipa yang tidak mudah lapuk maka dapat menggunakan pipa hollow. Pipa hollow ini juga tahan terhadap api sehingga lebih aman dari bahaya yang disebabkan oleh kebakaran.
  3. Pipa welded, ini merupakan pelat yang dilengkungkan dan menjadi pipa. Ciri khas dari pipa ini yaitu saling menonjol dan keberadaan garis yang memanjang juga merupakan salah satu sambungan dari pelat pipa ini. pipa ini memang sangat unik, terlebih pembuatannya harus memiliki sertifikat karena rawan terjadi ledakan ketika pembuatan pipa welded.

Pipa erw, atau biasa yang dikenal dengan electric resistance welded mempnyai beberapa standar penggunaan. Salah satu kegunaannya yaitu dapat digunakan untuk saluran air bersih. Selain itu beberapa jenis lainnya juga berguna sebagai kontruksi tiang pancang pada bangunan. Sehingga memudahkan para pekerja bangunan untuk menyelesaikan kontruksi bangunan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *