Categories pizza oven

Kesalahan Penting Yang Harus Dihindari Dalam Pembuatan Pizza Oven, Penasaran?

Meskipun telah banyak panduan dan tata cara pembuatan pizza dengan berbagai bentuk dan bahan yang digunakan tetap saja kegagalan bisa terjadi jika tidak berhati-hati dan lengah dengan komposisi bahan yang dimasukkan. Untuk itu berikut akan dijelaskan mengenai kesalahan penting yang harus dihindari dalam pembuatan pizza oven. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut ini: 

  1. Adonan Pizza Yang Kurang Atau Kelebihan Air 

Memberikan terlalu banyak atau terlalu sedikit campuran air dalam adonan pizza oven tentu akan mempengaruhi hasil akhir yang didapatkan. Sehingga tidak maksimal dan terbilang kurang enak untuk dijadikan santapan. 

Adonan yang kurang air akan terkesan keras setelah dipanggang. Sedangkan adonan yang kelebihan air tidak akan mengembang dengan baik jika dipanggang. Untuk itu anda harus perhatikan hal ini agar pizza yang dihasilkan bisa sempurna dan enak. 

  1. Adonan Yang Mengandung Terlalu Banyak Atau Sedikit Ragi

Ragi digunakan sebagai pengembang adonan pizza. Meskipun sebagai pengembang yang baik, memasukkan ragi terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mempengaruhi tekstur pizza yang dihasilkan. 

Pizza yang terlalu banyak mengandung ragi akan terasa kecut setelah di oven. Sedangkan pizza oven yang terlalu sedikit ragi hanya bisa mengembang setelah 30 menit didiamkan. Untuk itu perhatikan takaran yang dimasukkan dengan benar. 

  1. Terlalu Banyak Tepung Atau Kurang Tepung 

Tepung menjadi salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat pizza oven. Tanpa tepung adonan tentu akan memiliki rasa yang berbeda dan aneh. Meskipun bahan utama dan terbilang sangat penting, dalam memasukkannya perlu memperhatikan takaran yang pas. 

Pizza dengan adonan yang mengandung sedikit tepung tentu akan sulit untuk mengembang atau bantat. Pizza yang bantat tentu tidak akan enak ketika dinikmati. Sebaliknya, jika pizza tersebut mengandung banyak tepung maka dapat membuat teksturnya keras setelah dipanggang. 

Demikian pembahasan mengenai kesalahan-kesalahan yang seringkali terjadi dalam pembuatan pizza oven. Hindari hal ini agar anda bisa menikmati pizza rumahan yang enak layaknya di restoran bintang lima. Yuk cobain sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *