Categories Atap

Apa itu Atap Sirap Terbaik

Atap merupakan mahkota bangunan. Bahannya bisa beragam. Salah satunya ada yang namanya atap sirap. Berikut ini adalah pembahasan mengenai atap sirap terbaik.

Apa itu Atap Sirap

Atap sirap ialah suatu jenis atap yang dibuat dari lembaran kayu, atau batu tulis, atau logam, atau beton tipis yang disusun bertingkat, mirip sisik ikan. Atap ini telah digunakan sejak lama selama berabad-abad. Termasuk jenis atap klasik.

Aneka Jenis Bahan Atap Sirap

Bentuk atap sirap biasanya berupa lembaran tipis persegi. Dengan ukuran lebar sekitar 8 cm, panjang 60 cm, dan tebal 0.5 cm. Dengan pilihan ujung yang terbatas, yaitu berbentuk kotak atau segitiga meruncing, atau melengkung. Bahannya bisa berasal dari sebagai berikut.

Atap Sirap Kayu

Biasanya atap sirap terbuat dari lembaran-lembaran kayu, yaitu kayu ulin, atau cedar, redwood, jati, bambu atau pinus. 

Atap Sirap Kayu Ulin

Bangunan tradisional di Indonesia banyak menggunakan atap jenis ini. Terbuat dari kayu keras yang kuat dan tahan cuaca ekstrim, awet bertahan lama serta biasa disebut juga sebagai kayu besi. Atap sirap terbaik kayu Ulin merupakan yang terbaik. Pohonnya berasal dari Kalimantan.

Atap Sirap Kayu Cedar

Pohonnya banyak terdapat di eropa. Sehingga banyak bangunan lama dan tradisional di barat yang menggunakan atap sirap kayu Cedar ini. Terutama tipe western red cedar atau Thuja plicata dan yellow cedar. 

Atap Sirap Kayu Bangkirai

Kayu bangkirai disebut juga sebagai kayu benuas atau kayu anggelam. Pohonnya banyak tumbuh di Kalimantan. Sering menjadi pengganti kayu Ulin yang perlu ijin khusus dari pemerintah penggunaanya sekarang ini. 

Atap Sirap Kayu Merbau

Kayu merbau juga bisa menjadi alternatif pengganti kayu Ulin. Dengan daya kekuatan yang mirip dengan kayu Ulin. Disebut pula sebagai Moluccan ironwood. Di wilayah timur Indonesia kayu ini dikenal pula sebagai kayu besi. 

Atap Sirap Kayu Jati

Bahan kayu ini juga sering menjadi pengganti kayu Ulin yang makin sulit dicari. Kayu Jati juga termasuk kayu yang keras meski kayu Ulin masih tetap yang terbaik.

Atap Sirap Bambu

Bahan ini banyak dipilih karena lebih murah dan pemasangannya juga mudah.

Atap Sirap Batu Alam

Terbuat dari batuan alam yang telah dipotong tipis. Tampilannya elegan dan berkelas, mewah. Atap sirap terbaik dari batu alam awet dan tahan lama serta kokoh, tahan terhadap cuaca ekstrem dan api. Meski harganya bisa sangat mahal, dengan bobot yang berat dan cukup rumit proses instalasinya.

Atap Sirap Logam

Bobotnya ringan dengan kesan lebih modern. Terbuat dari lembaran logam tipis, seperti baja ringan atau seng. Mempunyai pilihan warna dan desain yang beragam, fleksibel bisa disesuaikan dengan pilihan gaya arsitekturnya. Awet dan minim perawatan sebab tahan karat dan korosi.

Atap ini berkesan klasik.

Atap Sirap Beton

Atap ini kuat dengan kesan modern minimalis, awet dan tahan api serta tahan cuaca ekstrim. Terbuat  dari beton pracetak yang dicetak menyerupai bentuk sirap kayu. Bobotnya lebih berat dan pemasangannya agak rumit. Mudah perawatannya.

Itulah beragam jenis bahan atap sirap terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *