Categories Jasa SEO

Apa Saja Jenis Layanan Jasa Konsultasi SEO untuk Membantu Anda?

Jasa konsultasi SEO menyediakan berbagai jenis layanan yang dapat membantu meningkatkan visibilitas dan peringkat website Anda di halaman search engine.

Lebih lanjut lagi, ada berbagai hal yang dapat dilakukan oleh konsultan SEO untuk membantu bisnis Anda. Berikut ini adalah rangkuman tugas konsultan SEO yang biasa dilakukan.

Riset SEO

SEO merupakan bidang yang telah dan akan terus mengalami perubahan di masa depan. Oleh karena itu, sosok konsultan SEO yang terus ter-update dengan bidang ini pun akan mempersenjatai diri mereka dengan update dan tren terbaru di industri.

Update SEO, termasuk algoritma search engine, pasti selalu terjadi walaupun tak bisa secara akurat terprediksi. Padahal, update tersebut pasti akan berdampak pada visibilitas website.

Riset Keyword

Ruang lingkup ini biasanya yang paling sering diasosiasikan dengan jasa konsultasi SEO. Sebab, riset keyword memang merupakan fondasi SEO sekaligus content marketing.

Dengan menyasar keyword yang benar, hasil dari strategi SEO yang Anda jalankan bisa memberi dampak yang luar biasa signifikan.

SEO On-Page

Setelah konsultan SEO melakukan riset keyword, biasanya mereka akan fokus menggarap strategi SEO on-page. Salah satunya adalah dengan menggunakan keyword-keyword yang relevan dan esensial ke dalam berbagai laman website Anda.

Ketika mengoptimasi konten website, konsultan juga akan menambahkan query pencarian yang berkaitan dengan konteks ataupun niche website Anda. Adanya variasi keyword tambahan tersebut dapat membantu search engine memahami istilah dan konsep website Anda dengan lebih baik.

SEO Off-Page

Selain optimasi on-page, jasa konsultasi SEO juga akan melakukan optimasi off-page. Langkah yang dijalankan biasanya lewat link building.

Adanya link masuk dari website lain merupakan sinyal bagi search engine untuk menunjukkan bahwa website Anda memiliki konten yang bernilai. Sebab, website lain saja bersedia untuk memasang link ke website Anda (backlink).

Mengatasi Masalah Teknis Terkait SEO

Seorang konsultan SEO juga harus tahu bagaimana caranya melakukan audit SEO. Maka dari itu, konsultan juga akan berkomunikasi dengan developer website Anda, termasuk untuk mengatasi masalah teknis di website.

Proses ini merupakan aspek yang tak kalah vital dalam strategi SEO. Sebab, SEO teknikal dapat membantu search engine dalam mengakses dan mengindeks laman-lama website Anda. Lebih lanjut lagi, visibilitas website pun meningkat.

Menganalisis Data untuk Laporan dan Pembuatan Keputusan

Perlu ditekankan bahwa SEO bukanlah jenis strategi internet marketing yang hanya sebatas dijalankan lalu dibiarkan begitu saja.

Seorang konsultan SEO harus fasih menggunakan dan membaca data dari berbagai platform, termasuk data Google Analytics maupun mengartikan data web analytics. Seluruh data tersebut dan analisisnya perlu digunakan jasa konsultasi SEO untuk membuat laporan hingga keputusan soal apa langkah selanjutnya yang dapat meningkatkan traffic website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *